Review Zine NDASMU Vol. 7 : Agony

Posted by
Kredit Ilustrasi : shiningdaisy.tumblr.com


Seperti yang diuraikan dalam bagian ‘Terima Kasih untuk Semua Kejutan‘, zine ini awalnya mengangkat karya kolase sebagai tema utama. Namun karena banyaknya permintaan untuk berkontribusi, dibikinlah zine yang menonjolkan kolase di bagian awal dan tulisan-tulisan di bagian akhir. Itu lah mengapa, zine dengan tebal 44 halaman ini menjadi zine paling tebal yang pernah diterbitkan oleh kolektif Zine NDASMU.

Secara umum, zine ini berisi luapan kemuakan dari para kontributornya. Baik yang disebabkan oleh keruwetan hidup harian, struktur budaya yang mapan, mau pun penindasan struktural oleh negara yang bersekongkol dengan kapitalisme — yang dimana hal tersebut menyebabkan krisis multidimensional di berbagai sektor kehidupan. Semua itu disajikan dalam kerangka kritik sosial, dalam bentuk seni kolase, puisi, prosa dan esai reflektif.

Selain menyajikan kritik, zine ini juga menyajikan teks ulasan dan rekomendasi lagu yang dikemas dalam sebuah mixtape bertajuk ‘Song Of Agony‘. Ada pun, ulasan yang dibuat yakni menyoal pengaruh reformasi band The Misfits di era kepemimpinan vokalis Michale Graves — yang sebelumnya diisi oleh Danzig. Sementara ‘Song Of Agony‘ , adalah sebuah mixtape yang cocok didengarkan saat membaca zine ini. Mixtape tersebut berisi lagu-lagu dari beberapa band underground antara lain, The Misfits, Dropkick Murphys, Black Flag, Social Distortion, Rancid, The Clash, Ramones, Cock Sparer, The Stooges, The Pukes, The Undertones, Anti Flag, Against Me !, Motley Crue, Booze And Glory, Buzzcocks, dan seterusnya.

Salah satu esai yang menurut saya menarik adalah esai bertajuk ‘Berkenalan dengan Ganja‘. Menyusul beberapa waktu yang lalu, muncul wacana legalisasi ganja sebagai komoditas ekspor. Esai ini seolah memberikan penjelasan ilmiah mengenai manfaat ganja dalam setiap aspek. Mulai dari manfaat serat ganja sebagai bahan baku industri tekstil, sarana spiritual dan ganja sebagai kebutuhan medis. Metode penyampaian seperti ini sangat lah penting, mengingat selama ini wacana legalisasi ganja selalu mengalami pendeskriditan oleh pihak-pihak tertentu — dengan penjelasan yang nyaris tidak ilmiah.

‘Hurt yourself to make things better’

Zine NDASMU, Agony hlm 11.

***


Informasi Zine :

Judul : Zine NDASMU Vol. 7 : Agony

Penyusun : Kolektif Zine NDASMU

Dirilis Oleh : Kolektif Zine NDASMU

Tahun Rilis : 31 Januari 2020

*UNDUH dan baca Zine NDASMU ‘Agony’ DISINI.