Aksara Merdeka Vol. I , Menghajar Kapitalisme

Posted by
Kredit Ilustrasi : leftvoice.org

“To call on people to give up their illusions about their condition
is to call on them to give up a condition that requires illusions”

Karl Marx.

Melalui zine ini, saya kira Bung Erwin Dewantoro hendak mengajak kita untuk menghajar kapitalisme berikut dengan ilusi-ilusi yang diciptakannya. Yang menurut pembacaan saya, hampir menyihir semua kalangan kelas menengah ke bawah. Kebetulannya, saya baru saja membaca beberapa esai dari teoritisi yang mengulas soal tema tersebut.

Seperti Gramsci yang mengulas peran institusi negara menyebarkan hegemoninya — yang kemudian pula didukung oleh Louis Althusser. Ada juga Pierre Bourdieu dengan teori reproduksinya yang berhasil mengungkap adanya ilusi untuk menutupi ketimpangan hak ekonomi, sosial, budaya yang sengaja diciptakan oleh negara — untuk memproduksi ketimpangan struktural yang lebih besar. Terakhir, ada Michel Foucault yang berusaha mengungkap pendisiplinan atas ruang yang dilakukan oleh sistem, melalui teorinya soal utopia dan heterotopia.

Kehadiran zine ini, seakan memperkaya pisau analisa saya terhadap basis material yang ada di masyarakat — yang dalam hal ini diantarkan dengan metode refleksi atas kisah kehidupan harian. Semuanya dikemas dalam beberapa esai dan prosa dengan tema yang berbeda-beda. Selain esai dan prosa, ada juga teks wawancara Roar Magazine dengan John Holloway, pemikir ekonomi Marxis yang memiliki koneksi dengan gerakan Zapatista di Chiapas, Mexico.

Akan tetapi, bukan di situ poin pentingnya. Bahwa zine ini, bukan lah zine yang ditujukan untuk menyulap pembacanya menjadi seorang pemikir saja. Lebih dari itu, ia menuntut pembacanya agar menjadi seorang aktor dengan aksi-aksi revolusioner. Tentu saja untuk menghajar kapitalisme, berikut ilusi-ilusi yang diciptakannya melalui aksi langsung. Menuju tatanan baru yang lebih otonom.

“Aku bahagia
karena menyimpan utopia
di kotak pandora : mengabadikan harapan”

Erwin Dewantoro

***


Informasi Zine :

Judul : Aksara Merdeka

Penulis : Erwin Dewantoro

Dirilis Oleh : Komunitas Punk Penikmat Kopi Kolektif

Tahun Rilis : Juli, 2016

*UNDUH dan baca zine Aksara Merdeka DISINI.