Menikmati Golden Sunrise di Puncak B29

Posted by

Kredit Foto : Dokumen Pribadi

Bukit B29 terletak di desa Argosari Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang Jawa Timur. Tempat wisata ini sangat terkenal akan julukan “Negeri di Atas Awan“. Sebab kawasan wisata dan desa disini berada di ketinggian 2900 mdpl serta masih termasuk dalam wilayah Pegunungan Tengger. Sehingga kawasan ini masih termasuk wilayah konservasi Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS). Tepatnya masih di lereng selatan Gunung Semeru.

Untuk rute pengunjung bisa menempuh :

Kota Lumajang-Kecamatan Senduro-Argosari-Puncak B29.

Untuk mencapai lokasi ini, pengunjung diharapkan tidak menggunakan sepeda motor matic. Sebab , medan yang menukik tajam 45° sehingga sangat curam ketika dituruni. Namun jangan khawatir, warga di kawasan ini juga menyediakan jasa ojek bagi yang tidak mempunyai sepeda matic. Selain itu, jangan lupa membawa plastik dan jas hujan dikarenakan daerahbini memilik curah hujan yang sangat tinggi. Yang tak kalah pentingnya lagi adalah ketersediaan pakaian hangat. Sebab, suhu disana yang memang sangatlah dingin. Waktu yang paling tepat mengunjungi tempat ini adalah di pagi petang sekitar pukul 02.00 sampai 04.00 WIB.

Pasalnya, tempat ini terkenal dengan golden sunrisenya yang luar biasa.

Untuk estimasi biaya penulis akan menginformasikan khusus untuk anda :

Parkir sepeda di rumah warga per satu hari : Rp 5000,00

Untuk karcis pengunjung per satu orang : Rp 5000,00

Untuk ojek dari gapura desa sampai puncak PP : Rp 100.000,00 per satu orang.

Pengunjung tidak perlu takut masalah perbekalan makanan untuk makan dan sarapan maupun minuman hangat, disana sudah banyak warung yang berjualan. Namun jangan lupa untuk tetap menjaga kelestarian dan kebersihan.***

Penulis Faris Fauzan Abdi, Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

Note : Tulisan ini pertama kali dimuat dalam laman resmi Komunitas Kopi Backpacker. Dipublikasikan ulang untuk tujuan pengarsipan.