Aksi Aliansi Gondrong UMM Tolak Diskriminasi Mahasiswa Berambut Gondrong di UMM

Posted by

IMG_20181114_213457

Indikatormalang.com – Aliansi Mahasiswa Berambut Gondrong Universitas Muhammadiyah Malang melakukan aksi penolakan terhadap SK No. 5 tahun 2017 tentang pelarang mahasiswa berambut gondrong. Rabu, (3/5/17).

Fauzi selaku korlap menyatakan, bahwa aksi tersebut dilatarbelakangi oleh ketidakjelasan dasar dikeluarkannya sk no 5 tahun 2007 oleh pihak kampus dan adanya bentuk diskriminasi yang dilakukan pada mahasiswa yang berambut gondrong terutama dalam hal mengakses fasilitas kampus.

“Aksi ini dilatarbelakangi oleh ketidak jelasan dasar yang digunakan dalam mengeluarkan sk no 5 th 2007, terutama aturan rambut gondrong. Bila kita lihat dari latar belakang kampus yang merupakan kampus islam, gondrong tidak dilarang dalam agama islam” ujarnya.

“Selain itu diskriminasi dan penindasan yang dilakukan pada kita tak humanis, saat ujian kita dilarang masuk bila gondrong, perampasan ktm, sampai potong di tempat. Selain itu kita sangat sulit mengkases fasilitas kampus, salah satunya kita dilarang masuk perpus.” tambah Fauzi.

Dalam aksi tersebut, masa aksi menyampaikan dua tuntutan sekaligus. yaitu penghapusan aturan tentang pelarangan mahasiswa yang berambut gondrong dan pemberian ruang kepada BEM dan SENAT mahasiswa sebagai wakil mahasiswa dalam mengambil keputusan bersama.

“Harapan kami adalah sk no 5 th 2007 segera dicabut, jadikan kampus sebagai ruang berekspresi mahasiswa bukan sebagai barak militer untuk mahasiswa, dan jadikan BEM Universitas dan Senat Universitas sebagai wakil kami dalam pengambilan keputusan.” tegas Fauzi.

Pewarta : Faris Fauzan Abdi

Note : Tulisan ini pernah dimuat di indikatormalang.com pada tanggal 3 Mei 2017, dipublikasikan untuk tujuan pengarsipan. Link akses :

http://www.indikatormalang.com/2017/05/aksi-aliansi-gondrong-umm-tolak