Google Peringati Ultah ke-92 Sastrawan Indonesia Pramoedya Ananta Toer

Posted by

Pram

sumber gambar : hariansejarah.id

Google peringati hari lahir sastrawan besar Indonesia, Pramoedya Ananta Toer atau yang biasa di sapa Pram. Seperti diketahui hari ini Senin, 6 Februari 2017 bertepatan dengan 92 tahun lahirnya sastrawan Indonesia yakni Pramoedya Ananta Toer. Pram yang lahir lahir 6 Februari 1925, merupakan sastrawan yang mampu melahirkan karya karya yang luar biasa menurut pembacanya. Bahkan, 41 dari ke 50 karyanya sudah diterjemahkan dalam bahasa asing dan banyak mendapatkan penghargaan atas karyanya.

Novel karyanya yang paling terkenal ialah Bumi Manusia yang juga dinobatkan sebagai novel terbaik Indonesia. Media media pun ramai memperingati hari kelahiran sastrawan kondang ini. Bahkan, google pun memajang foto Pramoedya Ananta Toer diatas kotak pencarian. Diketahui, Pram meninggal pada 30 April 2006 akibat penyakit yang dideritanya. 1 kutipan dari beliau yakni “orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian.” Memang telah terbukti dengan masyarakat saat ini yang masi mengingat Pram lewat tulisan tulisannya.

Penulis Faris Fauzan Abdi, Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

*Artikel ini pernah dimuat indikatormalang.com (09/02/18) pada saat peringatan hari lahir sastrawan revolusioner Pramoedya Ananta Toer oleh Google. Dipublikasikan kembali untuk tujuan pengarsipan.

Link akses :

http://www.indikatormalang.com/2017/02/google-peringati-ultah-ke-92-sastrawan.html